Pantangan Makanan Kanker

MadeCa : Herbal For Cancer

MadeCa : Herbal For Cancer

Penyakit kanker merupakan jenis penyakit mematikan yang paling banyak memakan korban jiwa di dunia. Hampir di setiap negara ada saja korban akibat penyakit yang memiliki banyak jenis ini. Karenanya berbagai upaya kerap dilakukan untuk mengantisipasi terkena kanker. Salah satunya adalah dengan memperhatikan pola makan dan jenis makanan yang dikonsumsi. Untuk penderita kanker stadium awal pun, pantangan makanan kanker menjadi hal yang harus sangat diperhatikan agar sel kanker tidak semakin menyebar dan menyerang jaringan lain didalam tubuh.

 

Seseorang yang mengidap kanker atau yang pernah menderita kanker memiliki resiko terjangkit kanker yang lebih parah dibandingkan dengan mereka yang belum menderita kanker. Bahkan pasien yang sudah menjalani pengobatan untuk kanker seperti operasi dan kemoterapi pun masih bisa terkena kanker kembali. Hal itu bisa diakibatkan oleh pengobatan yang tidak secara menyeluruh, dan masih terdapat sisa-sisa sel kanker yang tersimpan didalam tubuh.

 

Untuk menghindari resiko terserang penyakit kanker, berbagai hal pun harus diperhatikan bukan hanya oleh mereka yang belum terkena kanker tetapi bagi yang pernah dan mengalami gejala kanker awal pun harus berhati-hati. Terutama bagi yang baru saja menjalani pengobatan kanker, ada baiknya memperhatikan pantangan makanan kanker yang bisa meningkatkan resiko terkena penyakit mematikan tersebut kembali.

 

Diantara sekian banyak makanan yang tidak dianjurkan untuk penderita kanker mengingat resiko yang mungkin saja ditimbulkan, ada beberapa jenis makanan yang menjadi pantangan makanan kanker, seperti berikut ini.

  • Susu dan beberapa jenis produknya yang masih mentah, seperti susu yogurt mentah.
  • Keju lunak yang terbuat dari susu yang tidak dipasteurisasi atau masih mentah.
  • Daging merah setengah matang seperti daging sapi dan domba serta daging yang berasal dari unggas, yang tidak dimasak dengan baik hingga matang sempurna.
  • Ikan dengan kadar merkuri tinggi. Meskipun dimasak hingga matang, jenis ikan seperti ini berbahaya terutama untuk penderita kanker.
  • Sushi dan sashimi, meskipun kadar gizi dari makanan seperti ini sangat tinggi namun prosesnya yang seringkali disajikan mentah-mentah dapat membahayakan kesehatan dan beresiko membawa bakteri kedalam tubuh.
  • Jenis makanan seperti keripik, roti dan biskuit. Makanan jenis ini beresiko mengandung akrilamida yang disebut sebagai zat yang bisa memicu sel kanker.
  • Kacang-kacangan. Pada beberapa jenis kacang terkandung sejenis jamur bernama aflatoksin. Hal ini ditenggarai sebagai sebab yang bisa memicu tumbuhnya sel kanker didalam hati. Zat ini pun ditemukan terutama di negara-negara tropis pada produk sereal dan rempah-rempah.
  • Di beberapa negara maju, anjuran diet garam untuk para penderita kanker menjadi hal yang cukup banyak diperbincangkan. Konsumsi garam yang tinggi per hari disebut-sebut bisa meningkatkan resiko kanker perut. Untuk mengurangi resiko tersebut anjuran untuk membatasi konsumsi garam menjadi tidak lebih dari 6 gram per hari pun tampaknya harus menjadi perhatian yang khusus.

 

Itulah beberapa pantangan makanan kanker yang sebisa mungkin dihindari terutama bagi mereka yang sedang dalam masa penyembuhan pasca pengobatan kanker. Semoga dengan menghindari jenis makanan diatas, resiko terkena kanker pun dapat sedikit dikurangi.

 

sumber : dailymail.co.uk